Kujang menampilkan senjata tradisional Jawa Barat dan jenisnya : Mp3Juiceit

Keberagaman  senjata tradisional Jawa Barat itu unik dan harus dilestarikan

Mengenal  berbagai senjata tradisional Jawa Barat  merupakan bentuk kecintaan terhadap Tanah Air dan negara.  Sebagai generasi  penerus   bangsa,  pemuda dan pemudi bangsa akan dapat mengetahui budaya tanah air yang berbeda untuk lebih melestarikannya.

Jadi, warisan budaya tidak hilang kemudian pada keturunan . Pada kenyataannya  , Indonesia memang negara yang kaya budaya.   Tidak hanya senjata tradisional, tetapi juga banyak lagu rakyat,  pakaian  adat, rumah adat dan sampai hari ini telah bertahan untuk pembangunan bangsa.

5  Senjata Tradisional  Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat yang merupakan bagian dari pulau Jawa ini memiliki beragam keunikan yang benar-benar menawan.   Anda dapat menemukan berbagai perangkat kuno unik yang akan memukau Anda dari waktu ke waktu .   Sebelumnya,  senjata ini  digunakan untuk melakukan pekerjaan.

Warga provinsi Jawa Barat menggunakannya untuk berbagai keperluan, mulai dari berburu, pertanian hingga sarana untuk melindungi diri.   Namun demikian, waktu terus berkembang.  Senjata tradisional tidak lagi digunakan dalam kehidupan sehari-hari.  Selanjutnya, keberadaannya dilestarikan dan sekarang  disimpan  di berbagai museum.

Beberapa jenis senjata tradisional Jawa Barat masih menjadi milik  masyarakat Sunda.   Varietas yang dapat Anda kenali hingga hari ini adalah sebagai berikut  .

  1. Voodikoer

Bedog adalah senjata yang  menyerupai pisau.   Ukuran benda ini Sepertinya cukup besar.   Sebagian besar  penduduk pulau Jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan Bedog .  Ukurannya mencapai 40 cm dan terbuat dari baja dan besi. Baja dan besi kemudian  dimurnikan dan disalurkan dengan penempaan.

  1. Krabi

Di kalangan  masyarakat provinsi  Jawa Barat,  senjata  tradisional Jawa Barat  disebut ani-ani.   Ini adalah objek , dilengkapi dengan mata air mata di satu sisi dan kayu genggam di sisi lain. Alat ini digunakan  untuk memanen sayuran dari kangkun g.   Perangkat ini juga digunakan  untuk memanen padi.

  1. Congkrang

Senjata ini, jika dilihat secara singkat, menyerupai lemari.   Ukurannya lebih mudah dipahami secara manual.   Sebagai aturan, alat  ini   digunakan di perkebunan pertanian.   Congkrang lebih sering digunakan oleh wanita.   Sementara itu, pria lebih sering menggunakan kerucut .

  1. Sulimat

Provinsi Jawa  Barat  memang sangat kaya akan ragam senjata.   Sulimat adalah objek untuk mengelupas kelapa dari kulitnya. Bilahnya tajam dan tajam, sehingga  dapat digunakan untuk mengelupas kulit kepala yang keras.

  1. Emas

Kehadiran  benda ini  bisa sangat populer di berbagai daerah . Benda ini digunakan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Bilahnya cembung tajam, dan bentuknya seperti bulan sabit.  Kehadirannya digunakan untuk memangkas semak dan rumput.

Kujang menampilkan senjata tradisional Jawa Barat dan jenisnya

Hingga saat ini, Anda perlu mengetahui tentang berbagai perangkat sebelumnya dari berbagai daerah, termasuk  provinsi Jawa Barat.   Namun sebenarnya, apa gunanya? Ada beberapa keunggulan yang bisa digunakan.

 Salah  satu  senjata tradisional Jawa Barat  adalah Kujang.   Anda pasti sudah familiar dengan satu hal ini .   Ternyata,  jenisnya cukup beragam. Setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda.  Berikut adalah beberapa fitur dan jenisnya.

Kujang menjadi alat khas Sundanes.  Orang-orang dari suku  Sunda  bahkan  menganggap , bahwa benda-benda itu mengandung magis dan sakral.   Itu  sebabnya mereka menyebutnya Hyang atau Kud, yang merupakan bahasa  lama  .

Mereka menganggap Kud atau Hyang memiliki kekuatan okultisme.   Dalam bahasa  Sunda kuno  , Hyang didefinisikan sebagai Tuhan. Oleh karena itu, diyakini bahwa Kujang memiliki kekuatan,  di mana kekuatan berasal dari para dewa.

Ukurannya berbeda. Ada yang berukuran 20 cm dan ada yang berukuran 25 cm. Benda ini digunakan oleh pria. Sejarawan ilmuwan melakukan penelitian.  Hasilnya luar biasa.   Mereka mengatakan bahwa senjata itu digunakan pada  abad ke-8.   Hingga saat ini, senjata tradisional Jawa Barat memiliki fungsi yang berbeda- beda:

  1. Alat pertanian

Sebagian masyarakat Sunda menggunakan Kujang dalam pertanian.   Mereka juga menggunakannya sebagai nyacar untuk memangkas tumbuhan  liar  .

  1. Lambang

Senjata  Kujang   juga tidak  selalu digunakan dalam melakukan berbagai tindakan, tetapi sebagai simbol.

  1. Perintökalu

Senjata ini juga digunakan    untuk melindungi senjata dalam peperangan.

  1. Hiasan

Banyak orang  di provinsi Jawa Barat  masih memiliki senjata masa lalu yang dipajang di rumah mereka.

Cara menggunakan senjata tradisional bali Jawa Barat

Selain Kujang,  Baliung adalah salah satu   perangkat sunda yang paling awal , yang bertahan hingga hari ini.   Bentuk objeknya  seperti  kapak, tetapi sudah  terlihat  sedikit lebih modern  .   Fungsinya hampir seperti kapak pada umumnya, yaitu menebang pohon dengan dimensi besar.

Jadi, perangkat ini tidak hanya bersejarah sebagai perangkat tradisional.  Masyarakat Sunda melestarikan dan bahkan menggunakannya hingga memasuki masa kini.  Masyarakat yang sering menggunakannya   adalah mereka yang bekerja di bidang kehutanan.

Benda ini memiliki bentuk yang agak unik.   Ukurannya mencapai 35 cm bila diukur hingga gagangnya. Jika dilihat, pegangan  benda ini sekilas tampak  cukup tebal. Jika dinaikkan cukup  kuat.   Sehingga daya potong yang dihasilkannya   tentu sangat tinggi.

Anda dapat menemukan sisi  baling  tajam dan menyirip. Bagian yang panjang dan tebal kemudian tentunya akan dapat memberikan goresan pada kulit pohon yang sedang ditebang  .    Pohon-pohon yang digonggong keras  juga dapat digaruk dengan bantuan Baliung.

Koleksi Senjata Tradisional Jawa Barat Di Museum Bandung

Di berbagai daerah   di negara ini, perangkat  tradisional yang  digunakan sejak jaman dahulu  memang terus dilestarikan.   Mereka akan ditempatkan di dalam museum sehingga  generasi saat ini masih  dapat menggunakan dan menjelajahinya.

Nah, ternyata tidak banyak orang yang tahu bahwa Museum Bandung memiliki koleksi artefak sejarah  , termasuk senjata tradisional sunda.  Koleksinya banyak dan indah.   Mereka dirawat dengan baik  , sehingga sangat mudah bagi  setiap pengunjung  untuk melihat dan mengetahui tentang mereka.

Anda bisa melihat berbagai koleksi senjata perang kuno hanya di Bumi Pakarang Sasusuhan. Museum ini terletak di Arcamanik KOTA Bandung. Museum ini sebenarnya dimiliki oleh Gun Gun Gurnad.  Selain digunakan   sebagai museum,  ia juga menggunakannya sebagai tempat tinggal.

Di lantai dasar terdapat  lemari kaca dengan berbagai  senjata khas  provinsi  Jawa Barat. Ada Keris, Kujang dan banyak lagi.  Memasuki  lantai dua, Anda dapat melihat berbagai barang yang  dipajang  di lemari kaca, di dinding  dan diletakkan di atas meja.

Selain itu,  Anda pasti akan terkejut saat memasuki  lantai nomor 3. Di lantai  dipajang berbagai  anjing tempat tidur, kujang dan belati.   Dinding lantai 3 hampir dipenuhi dengan segala macam senjata.   Bahkan rak pemiliknya  dibuat  dengan alasan dindingnya    tidak cukup untuk memajang senjata.

Generasi muda  dapat mencintai budaya dan tanah air melalui perayaan dan pelestarian berbagai perangkat  tradisional.   Bahkan, Anda bisa mencoba menggunakannya jika barang tersebut memang dijual.   Lestarikan  senjata tradisional Jawa Barat untuk membuat bangsa menjadi lebih baik.

Selengkapnya :

Sumber : https://www.teknohits.com